Jumat, 07 Desember 2012

BIOGRAFI IMAM IBNU MALIK



Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuhu .
Para achi-achi semua keranten tasek wonten wekdal di sela-sela kegiatan pondok kaulo menyempatkan sedikit berbagi tentang kisah kolosal ulama besar ilmu nahwu, seorang yang begitu besar jasanya di bidang ilmu alat khususnya ilmu nahwu, langsung kemawon.
Beliau lahir di kota al jayyan andalusia yang sekarang termasuk kota di bagian negara spanyol pada tahun ke 597 H dan dan beliau wafat di tahun 672 H.Umur beliau 75 Tahun.Beliau bernama lengkap MUHAMMAD BIN ABDILLAH BIN MALIK dan mempunyai laqob (julukan) Jamaluddin dan kunyah abu abdullah. Beliau lebih terkenal dengan ibnu malik bukan nya ibnu abdullah semata-mata karena ta’addub beliau kepada rosulullah saw,karena ada kesamaan nama begitupun nama dari sang ayah beliau dengan rosulullah oleh sebab itu beliau langsung menisbatkan kepada nama kakeknya.
Ibnu malik kecil belajar ilmu di mulai dari kota jayyan tidak selayaknya anak-anak kecil di masa itu beliau banyak menghabiskan masa kecil beliau dengan belajar dasar-dasar ilmu agama, lalu beliau melanjutkan ke tanah halb di sini beliau belajar banyak tentang ilmu lughot arab dan  ilmu madzhab.seakan tiada habisnya niatan beliau untuk menimba ilmu beliau melanjutkan petualangan nya dengan hijrah ke tanah damaskus (ibu kota syiria) dan di sinilah beliau yang awal nya bermadzhab maliki kemudian berpindah menjadi madzhab syafi’iyah.
Beliau mempunyai banyak keutamaan ilmu dan beliau lebih cenderung ahli dalam ilmu lughot arab Dan ilmu alat (NAHWU & SHOROF) tapi beliau juga banyak belajar ilmu hadist dan tafsir.di tanah ini juga beliau mulai belajar untuk mengajar ilmu nahwu dan shorof kepada santri-santrinya yang tidak lain mereka adalah cikal bakal ulama’ nuhat (ulama ahli nahwu),
Guru beliau yang terkenal di antaranya adalah Imam ibnu Yais yaitu muallif kitab syarah Mufasshol, Ibnu Hajib, Abu Ali Asyalubin. Dan mungkin yang lebih terkenal adalah Imam ibnu Mu’thi ulama besar yang berjasa atas kefahaman ilmu nahwu yang dimiliki Imam ibnu malik.
Dari beliau-beliau itulah imam ibnu malik belajar banyak tentang ilmu agama dan Karena banyak nya kefahaman ilmu beliau pun banyak mengarang kitab-kitab khususnya dalam ilmu alat dan karangan beliau pun di banggakan oleh guru-guru beliau khususnya adi karya beliau yaitu Kitab Alfiyyah Yang sampai sekarang banyak di pelajari se antero dunia Khususnya di pondok-pondok pesantren.
Biografi ini kami ambil dari beberapa syarah kitab Alfiyyah ,insyaallah achi-achi semua pun pernah mempelajari nya.
Akhiron Wassalamualaikum warohmatullahi Wabarokatuhu.

Popular posts

Total Pageviews