Jumat, 07 Desember 2012

KEISTIMEWA'AN IMAM IBNU MALIK


Assalamualaikum para achi-achi semua,

semoga masih di beri ni’mat oleh allah hususnya nikmat berupa kelapangan waktu untuk terus belajar,belajar dan belajar.
memulai postingan kali ini kami akan sedikit membeberkan keistimewa’an keistimewaan yang di miliki masayikhina mushonif ilmu nahwu yaitu  Imam ibnu malik.
Seorang ulama salafi yang berfiqiran cerdas tekun dan sangat wirai di masa-masa pencarian ilmu,beliau adalah seorang ahli hafalan hususnya dalam bidang ilmu alat.
di ceritakan karena begitu cintanya imam ibnu malik akan menghafal suatu ilmu ketika beliau akan wafat beliau masih menyempatkan waktu untuk menghafal 8 ba’it dari ilmu lughot arobiyah.
Subhanallah begitu cintanya beliau akan ilmu-ilmu allah, selain ahli dalam bidang ilmu alat beliau juga penghafal qiro’ah-qiroah alqur’an, tafsir alquran dan hadist.
Ada cerita menarik di dalam suatu kitab,Beliau adalah kepala madrasah AL ADDINIYAH di daerah DAMASQUS. Sedang qodli  qudlot dan mufti nya pada saat itu adalah ibnu Kholkan, Seorang ulama ahli sejarah.
Tapi ibnu Kholkan selalu ma’mum pada imam ibnu malik dan  ketika Ibnu malik hendak pulang ke rumah, Ibnu kholkan selalu memegang tangan ibnu malik untuk diantarkan sampai rumahnya ,itu semua atas ta’dhim beliau pada imam ibnu malik.
Imam ibnu malik pun terkenal dengan shifat wira’inya 
salah satunya dan mungkin yang harus kita contoh adalah, beliau tidak perna matla’ah (belajar ilmu) dalam keadaan hadast ,
beliau  selalu belajar dalam keadaan suci ,dan beliau selalu mengajar dengan menghadap qiblat sebagaimana yangsudah diterangkan dalam TA’LIM MUTA’ALIM. 
beliau pun tidak malu untuk mencari seseorang sebagai sarana mengamalkan ilmu beliau.
Dan sebagai suri tauladan adab beliau adalah ketika  Beliau mengarang kitab alfiyyah beliau tidak berani menyelesaikan sebelum mendapat izin dari guru beliau yaitu Imam ibnu mu’thi.
Di ceritakan ketika nadhom alfiyah sudah hampir selesai dan menyempurnakan nadhomnya dengan lafad              beliaupun tertidur dan bermimpi bertemu dengan seorang syakh lalu syakh itupun bertanya pada imam ibnu malik .
Syakh : Apakah kamu mengarang  kitab tentang ilmunahwu,?
Ibnu malik : ya
Syakh : sudah sampai di mana karangan mu ?
Ibnu malik :        .
Syakh pun berkata satu orang yang hidup bisa mengalahkan seribu orang yang sudah mati (menyindir imam ibnu malik yang merasa karangan nya lebih baik dari pada karangan guru nya yaitu imam ibnu mu”thi yang sudah mati.)
Imam ibnu malikpun langsung kaget dan bertanya apakah anda Imam ibnu mu’thi Syakh pun menjawab ya”. Beliau Imam ibnu malik pun langsung terbangun dan terus menyelesaikan karangannya yang awal nya          di ganti dengan nadhom                     .
Sungguh mulia kepribadian dari Imam ibnu malik mudah-mudahan kita dapat mencontoh sedikit dari besarnya ni’mat allah yang diberikan pada nya. Amiiin
WASSALAM

Popular posts

Total Pageviews