Senin, 10 Desember 2012

SEJARAH ILMU NAHWU


Assalamualaikum ya achi..



Ilmu nahwu…? mungkin sudah tidak asing lagi di dengar oleh para kang santri.
Dan mungkin sudah pasti mengetahui asal muasal dari adanya ilmu nahwu. Walhasil sekedar berbagi versi sejarah ilmu nahwu di sini saya akan sedikit menulis sejarah adanya ilmu nahwu.
Berawal dari perbincangan Abu aswad dengan putrinya ketika menikmati pemandangan bintang2 di malam hari,lalu sang putri berkata pada Abu aswad             ﻤﺎﺍﺤﺴﻥﺍﻠﺴﻤﺎﺀ
Ket “Dengan di dhoma nun nya dan hamzanya di kasroh menjadi tarkib mubtada khobar”.
Dengan maksud ta’ajub (kagum) atas keindahan pemandangan langit,tapi dengan sighot istifham (bertanya) , Abu aswad pun langsung berkata pada putrinya “jika kamu bermaksud ta’ajub atas kekaguman langit maka ucapkan ﻤﺎﺍﺤﺴﻥﺍﻠﺴﻤﺎﺀ ( keterangan” di baca fatha nun dan hamza nya menjadi sighot ta’ajub). .
Berawal dari hal itulah akhirnya Abu aswad menemui Sayidina Ali bermaksud meminta bantuan pada Sayidina Ali atas apa yang terjadi pada putri nya bahkan mungkin sebagian besar orang arab yang di sebabkan bercampurnya bahasa arab dengan bahasa ajam (selain arab)
Sayidina Ali pun meminta Abu aswad membeli kertas dengan maksud untuk memberi pelajaran pada Abu aswad tentang lughot arab, yang diawali dengan pembagian kalimah (isim,fiil,huruf) kemudian sighot Ta’ajub dan seterusnya. Dan pada saat ali memberi pelajaran Pada Abu aswad Sayidina Ali berkata      ﺍﻨﺡﻫﺫﺍﻠﻨﺤﻭﻴﺎﺍﺒﺎﺍﻻﺴﻭﺩ…..yang dari kata itulah nama ilmu nahwu diambil oleh Abu aswad.
Berawal dari itulah menurut beberapa kitab asal dari adanya ilmu nahwu terlahir, yang sampai sekarang masih kita pelajari sebagai modal untuk belajar ilmu-ilmu yang lain terlebih untuk menjaga fithroh Bahasa Arab bahasa yang sungguh mulia suatu bahasa yang menyusun kitab dari semua orang islam yaitu Alqur’an.

0 komentar:

Popular posts

Total Pageviews